SPIRIT DHUHA
πŸ“– Kajian Riyadhus Shalihin
============================
πŸ’¦β˜€πŸ’¦β˜€πŸ’¦β˜€πŸ’¦β˜€πŸ’¦β˜€πŸ’¦

πŸ“‹ Bab 55

Keutamaan Zuhud Di Dunia Dan Anjuran Untuk Mempersedikit Keduniaan Dan Keutamaan Kefakiran

πŸ“• Hadist 463

πŸ“— Dari Abu Zar r.a., katanya: “Saya berjalan bersama Nabi s.a.w. di suatu tempat yang
berbatu hitam di Madinah, lalu berhadap-hadapanlah gunung Uhud dengan kita, kemudian belias.a.w. bersabda: “Hai Abu Zar.” Saya berkata: “Labbaik, ya Rasulullah.” Beliau bersabda lagi: “Tidak
menyenangkan padaku andaikata saya mempunyai emas sebanyak gunung Uhud ini, sampaiΒ  tiga hari lamanya, di antaranya ada sedinar saja yang saya simpan untuk memenuhi hutang, kecuali
saya akan mengucapkan dengan memberikan harta itu untuk para hamba Allah demikian demikian
demikian.”

πŸ“•Beliau menunjuk ke sebelah kanan, kiri dan belakangnya – maksudnya bahwa kalau beliau
s.a.w. mempunyai harta sebanyak Uhud dan berupa emas, apalagi lainnya, tentu akan disedekahkan
kepada hamba-hamba Allah semuanya, kecuali sedinar saja yang akan disimpan jikalau ada hutang
yang belum ditunaikannya dan harta sebanyak itu akan dihabiskan membelanjakannya dalam tiga
hari saja.

πŸ“•Kemudian beliau s.a.w. berjalan, lalu bersabda lagi: “Sesungguhnya orang-orang yang
kayaraya dengan harta dunia itulah yang tersedikit pahala akhiratnya pada hari kiamat nanti,
melainkan orang yang berkata demikian, demikian dan demikian – yakni membelanjakan hartanya itu
untuk kebaikan.” Beliau s.a.w. menunjuk ke kanan, kiri dan belakangnya. Sabdanya lagi: “Tetapi
sedikit sekali orang yang suka melakukan demikian tadi.”

πŸ“•Seterusnya beliau bersabda padaku:
“Tetaplah engkau di tempatmu ini. Jangan berpindah – yakni meninggalkan tempat itu, sampai saya
datang padamu nanti.” Beliau s.a.w. berangkat dalam malam yang kelam itu sampai tertutup dari
pandangan. Kemudian saya mendengar suara yang keras sekali, lalu saya merasa takut barangkali
ada seseorang yang hendak berbuat jahat pada Nabi s.a.w. Saya ingin hendak mendatanginya, tetapi
saya ingat akan sabdanya: “Janganlah engkau meninggalkan tempat ini sampai saya datang padamu.”

πŸ“’Oleh karena itu saya tidak meninggalkan tempat itu sehingga beliau s.a.w. datang padaku. Kemudian
saya berkata: “Saya telah mendengar suatu suara yang saya merasa ketakutan padanya,” lalu saya ingatkan bunyi suara itu pada beliau. Selanjutnya beliau bersabda: “Adakah engkau mendengarnya?”
Saya menjawab: “Ya.”

πŸ“™Beliau lalu bersabda: “Itu tadi adalah suara Jibril yang datang padaku, lalu ia berkata: “Barangsiapa yang meninggal dunia dari ummatmu, yang tidak menyekutukan sesuatu
dengan Allah, maka ia akan masuk syurga.” Saya bertanya: “Sekalipun ia berzina dan sekalipun ia mencuri?” Beliau menjawab: “Sekalipun ia berzina dan sekalipun ia mencuri.” (Muttafaq ‘alaih)

Hadis ini adalah lafaznya Imam Bukhari.

#ShalatYuk
#ShalatDhuhaYuk
#DhuhaUmmat

πŸ’¦β˜€πŸ’¦β˜€πŸ’¦β˜€πŸ’¦β˜€πŸ’¦β˜€πŸ’¦
============================
πŸ“¬ Bagi Sahabat Kodham yang punya bakat menulis tentang Pengalaman Pribadi Terkait Shalat Dhuha dan ingin berbagi dengan Kodhamer, kirimkan cerita inspiratifnya dengan mencantumkan :

Nama#Group Kodham

Silahkan kirimkan via WhatsApp ke :
(Akhawat) : Ukh Siro
☎ 085624807925
(Ikhwan) : Akh Abdy
☎ 085261451417
❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁

