📣 Kodham Media
📚 Motivasi Sedekah

Hari tanggal : Rabu, 07 November 2016
🌝 07 Rabi’ul Awal 1438 H
No. : 07/KOM/XII/2016
Tujuan. : Sahabat Kodham dan Umum

🐠☀🐠☀🐠☀🐠☀🐠☀🐠

PERDAGANGAN YANG TIDAK PERNAH MERUGI
💙Perdagangan yang tidak pernah Never!!! Merugi Losses!!! Tafsir Surat ke 35, QS. Fathir Ayat 29-30

Dalam memahami tafsir, lebih enak kita melihat terjemahan dan tulisan arab nya secara bersamaan karena penggunaan setiap kata di dalam ayat itu lah yang ditafsirkan. Jadi, bentuk-bentuk kata mempengaruhi penjelasan. Karena keterbatasan, jadi saya tulis dalam bentuk bahasa indonesia, juga untuk mempermudah. Kalau yang bingung membaca tulisan ayat dalam bahasa indonesia, buka langsung quran saja ya. untuk quran utsmani ada di halaman 437. Ayat 29-30 berikut ini:
💙“Innalladziina yatluuna kitaaballahi, wa aqomuussholaata wa anfaquu mimmaa rozaqnaahum sirron wa ‘alaniyatan yarjuuna tijaarotan lan tabuur. (29). Liyuwaffiyahum ujuurohum wa yaziidahum min fadhlih, innahuu ghafuurun syakuur. (30).”

Artinya : sesunguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah (al-quran), dan melaksanakan sholat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan rugi. Agar Allah menyempurnakan pahalanya kepada mereka dan menambah karuniaNya. Sungguh Allah maha pengampun, maha mensyukuri.

💙Tafsir surat fathir ayat 29-30 ini menjelaskan tentang orang yang membaca al-quran dan mengamalkan al-quran dalam kehidupan sehari-harinya, mereka akan mendapatkan balasan khusus dari Allah. Bahkan Ibnu Katsir sampai menjelaskan bahwa ayat ini merupakan ayatul qurro, yaitu ayat yang ditujukan untuk pecinta al-quran, para keluarga al-quran, para ahli quran, para pembaca al-quran, para penghafal quran, dan juga para hafizh quran. Intinya, ayat tentang membaca dan mengamalkan al-quran. Semoga kita termasuk kategori orang yang mencintai quran.

Kita akan bahas dari ayat 29. Innalladziina yatluuna kitaaballahi.

💙Dalam ayat tersebut yang digunakan adalah ‘yatluna’ yang artinya membaca. Tapi, ‘yatluna’ itu merupakan fi’il mudhori’ (dalam bahasa inggris seperti present tense) atau kata kerja untuk masa kini dan masa yang akan datang. Nah, dalam ilmu tafsir penggunaan fi’il mudhori’ tersebut berarti terus menerus dilakukan sepanjang hidup. Kalau dia menggunakan fi’il madhi (dalam bahasa inggris past tense) atau kata kerja lampau maka kemungkinannya bisa 2: bermakna telah terjadi di masa lampau, atau belum terjadi tapi suatu saat pasti terjadi, underline ya suatu saat pasti terjadi. Di dalam al-quran penggunaan pola tersebut umumnya ditafsirkan seperti itu. Jelas ya masalah fi’il madhi dan mudhori’, jadi belajar bahasa arab ya.

💙Jadi, maksud dari ayat tersebut adalah: orang-orang yang selalu terus menerus membaca al-quran. Nah, jadi kategori ini adalah orang yang selalu membaca al-quran atau kata selalu juga bisa kita artikan sering ya, tapi sering banget. Nah, walaupun kita tidak terlalu banyak baca al-quran tapi sebisa mungkin sering. Misalkan, setiap habis sholat subuh, zuhur, dan maghrib. Ga perlu banyak-banyak yang penting sering, tapi kalau bisa banyak itu baru top markotop. Kalau kata orang betawie nih, itu kite lakuin saban hari dah, jangan ampe kagak ya neng ama abang….

💙Kita lanjutin ke ayat berikutnya ya. wa aqomuussholaata wa anfaquu mimmaa rozaqnaahum sirron wa ‘alaniyatan.

Setelah dibaca terus menerus, dibaca dengan sering, kita disuruh mengamalkan al-quran. Dengan apa mengamalkannya? Yaitu dengan ‘aqomussholata’ dan ‘anfaqu mimma rozaqnahum’. Dengan cara mendirikan sholat dan menginfakkan sebagian rezeki. Nah, dua amalan ini mewakili seluruh amal hidup, yatu mewakili amal yang hablun minallah dan hablun minannas. Jadi, urusan sama Allah kita tuntaskan dengan sholat, dan urusan dengan sesama manusia kita tuntaskan dengan berinfaq, atau memberi. Hebatnya 2 amal tersebut adalah sudah cukup mewakili amalan al-quran tuh, makanya di dalam al-quran sering kita dengar ayat ‘wa aqomussholata wa anfaqu’ atau jenis ayat lain yang intinya menyuruh kita mengamalkan kedua amalan hebat tersebut
Sumber :
http://bit.ly/28RaDjQ

KONSULTASI
085259476549 (Ustadz Noor Rahmat)
089502816008
======================
FB : Komunitas Dhuha Ummat
FP : Komunitas Dhuha Ummat
Twiter :@DhuhaUmmat
Website : kodham.org
IG : @kodhamdhuhaummat
Line : kodham_
=======================
Cara gabung kodham
Ketik : Gabungkodham#nama#L/P#umur#noWA/PIN BBM#domisili#aktivitas
Kirim ke
⏩WA
Ikhwan : Abu Ali (085608533984)
Akhwat : Ummi Asih (085878400076)
⏩BBM
Ikhwan : Akh Rocky (553F7F7F)
Akhwat : Ukh Indri (28645022)
==================
====💰SEDEKAH KODHAM 💰====

💰🏧:
BSM (kode bank 451 )
Norek : 7083696413
a.n Rochiyat

📱Konfirmasi ke ukhti Ria (0899-9585-443)

Advertisements