📚 SPIRIT DHUHA
📖 Kajian Riyadhus Shalihin
============================
💦☀💦☀💦☀💦☀💦☀💦

📋 Bab 57

Qana’ah — Puas Dengan Apa Adanya Dan Tetap Berusaha, ‘Afaf — Enggan Meminta-minta, Berlaku Sederhana Dalam
Kehidupan Dan Berbelanja Serta Mencela Meminta Tanpa Dharurat

📝 Hadist 522

▣•• Dari Hakim bin Hizam r.a.,katanya: Saya meminta kepada Rasulullah SAW, lalu beliau memberikan sesuatu padaku, lalu saya meminta lagi pada beliau, kemudian beliaupun memberikan pula sesuatu padaku, selanjutnya beliau bersabda:

▣•• Hai Hakim, sesungguhnya harta ini adalah sebagai benda yang kehijau-hijauan – yakni enak dirasakan dan nyaman dipandang juga manis. Maka, barangsiapa yang mengambilnya itu dengan jiwa kedermawanan – dari orang yang memberikannya serta memintanya itu dengan tidak memaksa, tentulah harta itu memperoleh berkah Tuhan, tetapi barangsiapa yang mengambilnya itu dengan jiwa kelobaan – atau ketamakan, maka tidak memperoleh berkah Tuhan dalam harta tadi. Ia adalah sebagai seseorang yang makan, namun tidak kenyang-kenyang. Tangan yang bagian atas – yang memberi – adalah lebih mulia daripada yang bagian bawah – yang diberi.”

▣•• Hakim lalu berkata: “Ya Rasulullah, demi Zat yang mengutus Tuan dengan membawa kebenaran, saya tidak akan suka lagi menerima sesuatu dari seseorangpun sepeninggal Tuan nanti, sehingga saya akan berpisah dengan dunia – yakni sampai mati.”

▣•• Abu Bakar r.a. pernah mengundang Hakim karena hendak memberikan sesuatu padanya, tetapi Hakim menolak untuk menerima sesuatupun dari pemberian itu. Seterusnya Umar r.a. pernah pula memanggilnya untuk memberikan sesuatu pada Hakim itu, tetapi ia juga enggan menerima pemberian tadi. Abu Bakar dan Umar radhiallahu ‘anhuma itu memanggil di kala keduanya menjabat sebagai khalifah secara bergantian. Umar lalu berkata: “Hai sekalian kaum Muslimin, saya mempersaksikan kepadamu semua atas diri Hakim ini, bahwasanya saya menawarkan padanya akan haknya yang saya wajib membagikan untuknya dari harta rampasan, tetapi ia enggan mengambil haknya itu.

▣•• Hakim memang tidak pernah menerima sesuatu pemberian dari seseorangpun setelah wafatnya Nabi SAW, sehingga ia meninggal dunia. (Muttafaq ‘alaih)

#ShalatYuk
#ShalatDhuhaYuk
#DhuhaUmmat

💦☀💦☀💦☀💦☀💦☀💦
============================
📬 Bagi Sahabat Kodham yang punya bakat menulis tentang Pengalaman Pribadi Terkait Shalat Dhuha dan ingin berbagi dengan Kodhamer, kirimkan cerita inspiratifnya dengan mencantumkan :

Nama#Group Kodham

Silahkan kirimkan via WhatsApp ke :
(Akhawat) : Ukh Siro
☎ 085624807925
(Ikhwan) : Akh Abdy
☎ 085261451417
❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁

Advertisements