📚 SPIRIT DHUHA
📖 Kajian Riyadhus Shalihin
============================
💦☀💦☀💦☀💦☀💦☀💦

📋 Bab 57

Qana’ah — Puas Dengan Apa Adanya Dan Tetap Berusaha, ‘Afaf — Enggan Meminta-minta, Berlaku Sederhana Dalam
Kehidupan Dan Berbelanja Serta Mencela Meminta Tanpa Dharurat

📝 Hadist 523

▣● Dari Abu Burdah dari Abu Musa Al-Asy’ari r.a., katanya: “Kita semua keluar bersama Rasulullah SAW dalam melakukan sesuatu peperangan. Kita semua ada enam orang banyaknya – yakni yang menyertai Nabi SAW itu, di antara kita ada seekor unta yang kita gunakan untuk ganti- berganti menaikinya. Maka, berlobang-lobanglah kaki-kaki kita, juga kakikupun berlobang-lobang pula dan jatuhlah kuku-kukuku. Oleh sebab itu, kita lalu membalutkan beberapa helai kain pada kaki- kaki kita itu dan dengan demikian peperangan itu dinamakan perang Dzatu riqa’ – mempunyai beberapa balutan kain, karena kita membalutkan beberapa helai kain pada kaki-kaki kita tadi.”

▣● Abu Burdah berkata: “Abu Musa menceriterakan hadist ini, kemudian, ia merasa tidak senang dalam menguraikannya itu dan ia mengatakan: “Apa yang dapat saya lakukan dengan menyebut-nyebutkannya itu?” Abu Burdah melanjutkan katanya: “Seolah-olah Abu Musa itu tidak senang kalau menyebutkan sesuatu amalannya, lalu disiar-siarkannya.” (Muttafaq ‘alaih)

▣● Maksudnya: Oleh sebab adanya bala’ sampai kaki-kaki menjadi rusak dan kuku-kuku lepas itu adalah semata-mata urusan antara manusia dengan Tuhan, maka menurut anggapan Abu Musa r.a. tidak perlu diterang-terangkan, supaya tidak dianggap sebagai memamerkan jasa atau amalan.”

#ShalatYuk
#ShalatDhuhaYuk
#DhuhaUmmat

💦☀💦☀💦☀💦☀💦☀💦
============================
📬 Bagi Sahabat Kodham yang punya bakat menulis tentang Pengalaman Pribadi Terkait Shalat Dhuha dan ingin berbagi dengan Kodhamer, kirimkan cerita inspiratifnya dengan mencantumkan :

Nama#Group Kodham

Silahkan kirimkan via WhatsApp ke :
(Akhawat) : Ukh Siro
☎ 085624807925
(Ikhwan) : Akh Abdy
☎ 085261451417
❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁

Advertisements