📣 Kodham Media
📚 Motivasi Istighfar

Hari tanggal : Jumat, 17 Februari 2017
🌝20 Jumadil Awal 1438 H
No. : 17/KOM/II/2017
Tujuan. : Sahabat Kodham dan Umum

🕋🕌🕋🕌🕋🕌🕋🕌🕋🕌

Belajar Istighfar Dari Nabi Adam

By Sulaymane Idris | November 1, 2015

“Ya Tuhan Kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.” (QS. Al A’raaf: 23)

Mari kita lihat etiket berdoa dari kakek kita nabi Adam.

Inilah kejadian permualan umat manusia. Allah Swt memberitahukan kepada para malaikat tentang penciptaan Adam, Dia berfirman:

“Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” (QS. Al Baqarah: 30)

Allah kemudian menciptaka Hawa’ untuk menemani Adam tinggal di surga. Keduanya memakan buah-buahan yang ada di sana serta menjauhi sebuah pohon sebagai ujian dari Allah Swt Allah berfirman,

“Wahai Adam! diamilah olehmu dan istrimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim.” (QS. Al Baqarah: 35)

Allah juga memperingatkan Adam dan istrinya agar tidak tergoda oleh Iblis serta mengingatkan permusuhan Iblis kepada keduanya, Dia berfirman:

“Wahai Adam! Sesungguhnya ini (iblis) adalah musuh bagimu dan bagi istrimu, maka sekali-kali janganlah ia sampai mengeluarkan kamu berdua dari surga, yang menyebabkan kamu menjadi celaka.” (QS. Thaha: 117)

Iblis kemudian berpikir untuk menyesatkan Adam dan Hawa’ serta berkata:

“Wahai Adam! Maukah saya tunjukkan kepada kamu pohon kekekalan dan kerajaan yang tidak akan binasa?” (QS. Thaha: 120)

Adam dan Hawa membenarkan ucapan Iblis itu karena sumpahnya, dimana menurut keduanya tidak mungkin ada seorang yang berani bersumpah secara dusta dengan nama Allah, maka Adam dan Hawa’ pun pergi mendatangi pohon itu dan memakan buahnya.

Ketika itulah terjadi peristiwa yang mengejutkan, keduanya terbuka auratnya dan telanjang karena maksiatnya dan keduanya pun merasa malu dan sedih sekali, segeralah keduanya mendatangi pepohonan dan memetik daun-daunnya untuk menutupi auratnya, maka Allah berfirman kepada Adam dan Hawa’,

“Bukankah Aku telah melarang kamu berdua dari pohon kayu itu dan Aku katakan kepadamu, Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu berdua?” (QS.. Al A’raaf: 22)

Ketika itu Adam dan Hawa’ sangat menyesal sekali karena telah bermaksiat kepada Allah, segeralah keduanya bertobat dan beristighfar, keduanya berkata,

“Robbanaa zholamna anfusanaa, wa inlam taghfirlanaa watarhamnaa lanakuunannaa minal khoosiriin”, yang artinya, “Ya Tuhan Kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.” (QS. Al A’raaf: 23)

Seorang muslim juga selayaknya seperti Adam, langsung bertaubat ketika melakukan dosa. Sesungguhnya Allah menerima taubat seorang hamba selama ruhnya belum sampai ke kerongkongan.

Fir’aun juga bertobat ketika ia melihat dirinya akan tenggelam, tapi tobatnya tidak diterima oleh Allah Swt.

“Dan Kami memungkinkan Bani Israil melintasi laut, lalu mereka diikuti oleh Fir’aun dan bala tentaranya, karena hendak menganiaya dan menindas (mereka); hingga bila Fir’aun itu telah hampir tenggelam berkatalah dia:”Saya percaya bahwa tidak ada Ilah melainkan yang dipercayai oleh Bani Israil, dan saya termasuk orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)”. Apakah sekarang (baru kamu percaya), padahal sesungguhnya kamu telah durhaka sejak dahulu, dan kamu termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan. Maka pada hari ini Kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan Kami.” (QS. Yunus:90-92)

Semoga bermanfaat…
Sumber :
http://bit.ly/2lTjoPg
KONSULTASI
+85259476549 (Ustadz Noor Rahmat)
======================
FB : Komunitas Dhuha Ummat
FP : Komunitas Dhuha Ummat
Twiter :@DhuhaUmmat
Website : kodham.org
IG : @kodhamdhuhaummat
Line : kodham_
=======================
Cara gabung kodham
Ketik : Gabungkodham#nama#L/P#umur#noWA/PIN BBM#domisili#aktivitas
Kirim ke
⏩WA
Ikhwan : Abu Ali (085608533984)
Akhwat : Ummi Asih (085878400076)
Atau Open Link
https://chat.whatsapp.com/Hp5YJwloz40CNhs3YmBphO
⏩BBM
Ukh Indri ( D26AE7A8)
==================
====💰INFAQ MILAD KODHAM 💰====

🏧BSM (Kode Bank 451)
Norek:7083696413
a.n Rochiyat

🏧BRI Syariah (Kode Bank 422) Norek:1032599121
a.n M.Lukmanul Hakim

▶Tambahkan 003 (kode unik) ya, dibelakang nominal yang ditransfer.

Misal mau berinfak Rp.50.000 ,-
Mohon transfer sebesar Rp. 50.003,-

☎Konfirmasi: Ke admin masing-masing

✊🏻 Mensyi’arkan semangat dhuha untuk kebangkitan Ummat

Advertisements