πŸ“š SPIRIT DHUHA
πŸ“– Kajian Riyadhus Shalihin
============================
πŸ’¦β˜€πŸ’¦β˜€πŸ’¦β˜€πŸ’¦β˜€πŸ’¦β˜€πŸ’¦

πŸ“‹ Bab 60

Murah Hati Dan Dermawan Serta Membelanjakan Dalam Kebaikan Dengan Percaya Penuh Kepada Allah Ta’ala

πŸ“ Hadist 559

β€»β€’ Dari Abu Hurairah r.a. pula, katanya: Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa bersedekah dengan sesuatu senilai sebiji buah kurma yang diperolehnya dari hasil kerja yang baik – bukan haram -dan memang Allah itu tidak akan menerima kecuali yang baik. Maka sesungguhnya Allah akan menerima sedekah orang itu dengan tangan kanannya – sebagai kiasan kekuasaan-Nya, kemudian memperkembangkan pahala sedekah tersebut untuk orang yang melakukannya, sebagaimana seseorang dari engkau semua memperkembangkan anak kudanya sehingga menjadi seperti gunung – yakni memenuhi lembah gunung karena banyaknya.” (Muttafaq ‘alaih)

β€»β€’ Alfaluwwu dengan fathahnya fa’ dan dhammahnya lam serta syaddahnya wawu, ada juga yang mengucapkan dengan kasrahnya fa’, sukunnya lam serta diringankannya wawu yakni wawunya tidak disyaddahkan – dan berbunyi Alfilwu, artinya anak kuda.

β€»β€’ Keterangan:
β€»β€’ Hadist di atas menurut uraian Imam al-Maziri diartikan sebagai perumpamaan yakni yang lazim berlaku di kalangan bangsa Arab. Misalnya dalam percakapan mereka sehari-hari untuk memudahkan pengertian. Jadi seperti sedekah yang benar-benar diterima oleh Allah, lalu dikatakan “diterima dengan tangan kanannya,” juga seperti perlipat gandaan pahala, dikatakan dengan “perawatan atau pemeliharaan yang sebaik-baiknya.”

β€»β€’ Imam Tirmidzi berkata: “Para alim-ulama ahlus sunnah wal jama’ah berkata: “Kita semua mengimankan apapun yang terkandung dalam Hadis itu dan tidak perlu kita fahamkan sebagai perumpamaan, namun demikian kitapun tidak akan menanyakan dan tidak pula memperdalamkan: “Jadi bagaimana wujud sebenarnya?” Misalnya, mengenai tangan kanan Tuhan, perawatan dan pemeliharaan yang dilakukan oleh-Nya dan Iain-Iain sebagainya.”

#ShalatYuk
#ShalatDhuhaYuk
#DhuhaUmmat

πŸ’¦β˜€πŸ’¦β˜€πŸ’¦β˜€πŸ’¦β˜€πŸ’¦β˜€πŸ’¦
============================
πŸ“¬ Bagi Sahabat Kodham yang punya bakat menulis tentang Pengalaman Pribadi Terkait Shalat Dhuha dan ingin berbagi dengan Kodhamer, kirimkan cerita inspiratifnya dengan mencantumkan :

Nama#Group Kodham

Silahkan kirimkan via WhatsApp ke :
(Akhawat) : Ukh Siro
☎ 085624807925
(Ikhwan) : Akh Abdy
☎ 085261451417
❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁
β—β€’β—β€’β—πŸ’°INFAQ MILAD KODHAM πŸ’°β—β€’β—β€’β—

🏧 BSM (Kode Bank 451)
Norek:7083696413
a.n Rochiyat

🏧 BRI Syariah (Kode Bank 422) Norek:1032599121
a.n M.Lukmanul Hakim

β–Ά Tambahkan 003 (kode unik) ya, dibelakang nominal yang ditransfer.

Misal, mau berinfak Rp.50.000,-
Mohon transfer sebesar Rp. 50.003,-

☎ Konfirmasi:
Ke Admin masing-masing

✊🏻Mensyi’arkan Dhuha Untuk Kebangkitan Ummat

Advertisements