πŸ“£ Kodham Media
πŸ“š Keutaman menjaga wudhu

Hari tanggal : Kamis , 8 Juni 2017
🌝 13 Ramadhan 1438 H
No. : 08/KOM/VI/2017
Tujuan. : Sahabat Kodham dan Umum

πŸ•ŒπŸ•‹πŸ•ŒπŸ•‹πŸ•ŒπŸ•‹πŸ•ŒπŸ•‹πŸ•ŒπŸ•‹

🌾 Keutamaan Selalu Menjaga Wudhu 🌾

 

Keutamaan Selalu Menjaga Wudhu adalah salah satu anjuran bagi kita umat islam agar kita selalu dalam keadaan suci. Ketika kita dalam keadaan suci maka secara tidak langsung kita juga bisa menjauhkan dari perbuatan maksiat. Bagaimana tidak ketika kita dalam keadaan suci mempunyai keinginan untuk berbuat maksiat maka kita selalu ingat bahwa saya dalam keadan wudhu, dan niat itu pun akan seketika lenyap dalam pikiran kita.

Jika seseorang terus menerus dalam keadaan suci atau berwudhu. Yaitu tatkala wudhu batal, kemudian kembali berwudhu lagi.
Keadaan seperti itu akan mudah bagi kita untuk melakukan ibadah. Kala ingin membaca Al Qur’an dan memegang mushaf, maka bisa langsung membaca. Kala ingin laksanakan shalat sunnah, maka dengan mudah pula bisa melakukannya. Inilah yang didapat dari orang yang selalu menjaga wudhu.

Keutamaan orang yang selalu menjaga wudhu disebutkan dalam hadits berikut tentang Bilal yang disebutkan bahwa suara sandal beliau sudah terdengar di surga.

Dari Abu Buraidah, Rasulullah shallallahu β€˜alaihi wa salam di pagi hari memanggil Bilal lalu berkata,
β€œWahai Bilal, kenapa engkau mendahuluiku masuk surga? Aku tidaklah masuk surga sama sekali melainkan aku mendengar suara sendalmu di hadapanku. Aku memasuki surga di malam hari dan aku dengar suara sendalmu di hadapanku.”

Bilal menjawab,
β€œ Wahai Rasulullah, aku biasa tidak meninggalkan shalat dua raka’at sedikit pun. Setiap kali aku berhadats, aku lantas berwudhu dan aku membebani diriku dengan shalat dua raka’at setelah itu.” (HR. Tirmidzi no. 3689 dan Ahmad 5: 354. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits tersebut hasan )

Syaikh Abu Malik dalam Fiqhus Sunnah lin Nisaa’ (hal. 49) menyatakan bahwa disunnahkan berwudhu setiap kali wudhu tersebut batal karena adanya hadats.

Imam Nawawi rahimahullah menyatakan, β€œDisunnahkan menjaga wudhu atau diri dalam keadaan suci. Termasuk juga kala tidur dalam keadaan suci.” (Kitab Matan Al Idhoh , hal. 20).

Dari penjelasan diatas hanyalah salah satu dari Keutamaan Selalu Menjaga Wudhu, masih banyak lgi keutamaan bahkan Keuntungan bagi kita ketika kita dalam keadaan yang suci yaitu dalam keadaan berwudhu.

Wallahu’ lam.

 

Sumber :
http://bit.ly/2s5Zozp

KONSULTASI
+85259476549 (Ustadz Noor Rahmat)
======================
FB : Komunitas Dhuha Ummat
FP : Komunitas Dhuha Ummat
Twiter :@DhuhaUmmat
Website : kodham.org
IG : @kodhamdhuhaummat
Line : kodham_
=======================
Cara gabung kodham
Ketik : Gabungkodham#nama#L/P#umur#noWA/PIN BBM#domisili#aktivitas
Kirim ke
⏩WA
Ikhwan : Abu Ali (085608533984)
Akhwat : Ummi Asih (085878400076)

Atau Open Link
https://chat.whatsapp.com/Hp5YJwloz40CNhs3YmBphO
⏩BBM
Ukh Indri ( D26AE7A8)
==================
====πŸ’°SEDEKAH KODHAM πŸ’°====

🏧BSM (Kode Bank 451)
Norek:7083696413
a.n Rochiyat

πŸ“±Konfirmasi ke Ummi Asih
(085878400076)

Advertisements