πŸ“£ *Kodham Media*
πŸ“š *Motivasi Shalat Fardhu*

Hari tanggal : Senin, 11 Juni 2018
🌝 26 Ramadhan 1439 H
No. : 11/KOM/VI/2018
Tujuan. : Sahabat Kodham dan Umum

πŸŒ€πŸŒ€πŸŒ€πŸ’¦πŸ’¦πŸŒ€πŸŒ€πŸŒ€
πŸŒ€πŸŒ€πŸŒ€πŸ’¦πŸ’¦πŸŒ€πŸŒ€πŸŒ€

*6 Manfaat Shalat, Sudahkah Anda Merasakannya?*

πŸ’‘Imam Hasan al-Basri pernah mengatakan, Wahai, anak manusia. Shalat adalah perkara yang dapat menghalangimu dari maksiat dan kemungkaran.
Jika shalat tidak menghalangimu dari kemaksiatan dan kemungkaran, maka hakikatnya engkau belum shalat. Dari nasehat beliau, kita dapat memahami bahwa shalat yang dilakukan secara benar akan membawa pengaruh positif kepada pelakunya.

πŸ’‘ Pada kesempatan ini marilah kita mempelajari manfaat-manfaat shalat. Kemudian kita tanyakan kepada diri sendiri, sudahkah aku merasakan manfaat shalat tersebut.

*1.Shalat adalah Simbol Ketenangan*
Shalat menunjukkan ketenangan jiwa dan kesucian hati para pelakunya. Ketika kita menegakkan shalat dengan sebenarnya maka diraihlah puncak kebahagiaan hati dan sumber segala ketenangan jiwa. Dahulu orang-orang shalih mendapatkan ketenangan dan melepaskan segala permasalahan ketika mereka tenggelam dalam kekhusyu’an shalat.
Marilah kita mengintropeksi diri, sudahkan ketenangan seperti itu kita dapatkan dalam shalat kita? Sudah sangat banyak shalat yang telah kita tunaikan, tetapi pernahkah kita berfikit manfaat salat ini? para umat terdahulu dan para sahabat telah memposisikan shalat sebagai obat bagi segala problematika dalam kehidupan. Dengan hati mereka menunaikan shalat, sehingga jiwa menuai ketenangan dan mendapatkan kebahagiaan.

*2. Shalat adalah Cahaya*
Ambillah cahaya dari shalat-shalat kita. Cahaya yang dimaksud bukanlah cahaya biasa, melainkan cahaya yang diberikan Penguasa alam semesta ini. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah bersabda, dan Shalat itu adalah cahaya . Oleh karena itu, marilah kita menengok diri kita, sudahkah cahaya ini menerangi kehidupan kita? Dan cara yang sangat mudah yang dapat kita lakukan untuk mengetahui apakah shalat telah mendatangkan cahaya bagi kita, yakni kita dapat melihat apakah shalat yang kita lakukan membawa ketaatan kepada Allah swt dan menjauhkan kita dari bermaksiat kepada-Nya? Jika sudah, berarti shalat itu telah menjadi sumber cahaya bagi kehidupan kita. Dan kelak di akhirat shalat akan menjadi cahaya yang dibutuhkan yang akan menyelamatkan kita dari kegelapan hingga mengantarkan kita kepada Surga Allah swt.

*3. Shalat Sebagai Obat dari Kelalaian*
Lalai adalah salah satu penyakit berbahaya yang menimpa manusia. Lalai dapat mengantarkan manusia dari berbagai kesesatan, bahkan menjadikan manusia tenggelam di dalamnya. Mereka akan menanggung akibat dari kelalaian yang mereka lakukan baik di dunia maupun di akhirat kelak. Hati yang tertutup kelalaian akan menyebabkan kebaikan sulit sampai kepadanya. Akan tetapi semua itu ada solusinya. Menegakkan shalat sesuai dengan syarat dan rukunnya, dengan menjaga sunnah dan kekhusyu’an di dalamnya, insya Allah akan menjadi obat paling mujarab dari kelalaian ini dan akan membersihkan hati dari kotoran-kotorannya. Allah swt berfirman
Dan sebutlah (nama) Rabbmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, diwaktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai (QS. Al-Isra [7]: 205).

*4. Shalat sebagai Solusi Problematika Hidup*
Salah satu sifat dasar menusia adalah ketika dia ditimpa sebuah musibah atau cobaan, maka dia akan mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahannya. Maka tidak ada solusi yang lebih manjur dan lebih hebat dari shalat. Shalat adalah sebaik-baik solusi dalam menghadapi berbagai macam cobaan dan kesulitan hidup. Karena shalat akan mendekatkan seseorang dengan Rabbnya. Rasulullah saw bersabda, Posisi paling dekat seorang hamba dengan Rabbnya yaitu ketika dia sujud, maka perbanyaklah dia (HR. Muslim).
Inilah diantara manfaat shalat yang sangat agung mendekatkan seorang hamba dengan Dzat yang paling ia butuhkan dalam menyelesaikan problem hidupnya. Maka jangan sampai kita menyia-nyiakan shalat kita, apalagi sampai meninggalkan shalat.

*5. Shalat Mencegah Perbuatan Keji dan Mungkar*
Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas bahwa shalat dapat membawa cahaya bagi pelakunya, bersamaan dengan itu, shalat akan mencegah pelakunya dari perbuatan keji dan mungkar, sebagaimana firman Allah swt
Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu kitab (Al-Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan (QS. Al-Ankabut [29]: 45).

*6. Shalat Menghapuskan Dosa*
Selain mendatangkan pahala bagi pelakunya, shalat juga menjadi penghapus dosa, membersihkan menusia dari dosa-dosa yang pernah dilakukannya. Rasulullah saw bersabda, apa pendapat kalian, jika di depan pintu salah seorang dari kalian ada sungai (mengalir) dia mandi darinya lima kali dalam sehari, apalah tersisa kotoran darinya? Para sahabat menjawab: β€œ Tidak akan tertinggal kotoran sedikitpun”. Beliau saw bersabda: β€œ Demikianlah shalat lima waktu, Allah swt menghapuskan dengannya kesalahan-kesalahan ” (HR. Bukhari dan Muslim).
Inilah sebagian manfaat shalat yang tak terhingga banyaknya, dari yang kita ketahui maupun yang tersimpan di sisi Allah swt. oleh kerena itu, marilah kita memperhatikan diri kita masing-masingm sudahkah di antara manfaat-manfaat shalat kita rasakan? Jangan sampai kita termasuk ke dalam orang-orang yang dicela Allah dalam firman-Nya
Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dalam shalatnya (QS. Al-Ma’un [107]: 4-5).

πŸ’‘Semoga Allah swt memasukkan kita ke dalam golongan hamba-hamba-Nya yang menegakkan shalat dan memetik buah dari shalat yang kita kerjakan.
Manfaat Shalat, Sudahkah Anda Merasakannya?

*Sumber :*
https://bit.ly/2JEJ1lD

*KONSULTASI*
+85259476549 *(Ustadz Noor Rahmat)*
======================
FB : Komunitas Dhuha Ummat
FP : Komunitas Dhuha Ummat
Twiter :@DhuhaUmmat
Website : kodham.org
IG : @kodhamdhuhaummat
Line : kodham_
=======================
Cara gabung kodham
Ketik : Gabungkodham#Nama#L/P#umur#NoWA/Domisili

Kirim ke
⏩WA
Ikhwan : Abu Ali (085608533984):
Akhwat : Ummi Asih (085878400076)

Atau Open Link
https://chat.whatsapp.com/Hp5YJwloz40CNhs3YmBphO

==================
====πŸ’°SEDEKAH KODHAM πŸ’°====

🏧BSM (Kode Bank 451)
Norek:7083696413
a.n Rochiyat

πŸ“±Konfirmasi ke Ummi Asih
(085878400076)

Advertisements